Informasi Umum

A. Fungsi dan Tujuan Pembelajaran

Berdasarkan UU no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 :

Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.


B. Motto BPK PENABUR

Iman, Ilmu, dan Pelayanan


C. Visi dan Misi BPK PENABUR

Visi

Menjadi lembaga pendidikan Kristen yang unggul dalam iman, ilmu, dan pelayanan

Misi

Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal melalui pendidikan dan pengajaran bermutu berdasarkan nilai-nilai Kristiani

Logo BPK PENABUR

D. Arti Warna dan Simbol Lambang BPK PENABUR:

  1. Salib warna merah melambangkan DARAH YESUS (1 Korintus 10:6, Efesus 2:13, Ibrani 9:14)

  2. Buku Terbuka warna kuning, artinya TERANG PELITA (Mazmur 119:103,105)

  3. Dasar dalam warna biru artinya KESETIAAN (Lukas 16:10, I Tesalonika 5:24)

  4. Dasar luar warna Perak artinya KESUCIAN (Mazmur 12:7)

E. Sejarah SMPK BPK PENABUR Cimahi

Keberadaan sekolah-sekolah Kristen di bawah naungan Yayasan BPK PENABUR Cimahi dilatarbelakangi oleh dua hal.

Pertama, adanya kerinduan di antara jemaat GKI Jabar Cimahi untuk membuka sekolah Kristen yang diharapkan dapat menopang pertumbuhan jemaat.

Kedua, kerinduan menjadi semakin terbuka lebar manakala tahun 1957 banyak sekolah asing yang ditutup menyusul keluarnya peraturan pemerintah yang melarang sekolah asing beroperasi di Indonesia.

Sementara sekolah-sekolah swasta yang menggantikannya kurang mendapat sambutan dari masyarakat. Melihat kenyataan tersebut, Majelis Jemaat GKI Jabar terpanggil untuk segera mewujudkan cita-citanya, yaitu mendirikan sekolah.

Pada Agustus 1961 dimulailah misi itu dengan membuka Sekolah Rendah.

Pembukaan sekolah ini atas persetujuan Ketua Pengurus Harian BPK Djabar yang saat itu diketuai Lie Beng Giok.

Pada 1 Juni 1961 diangkatlah pengurus BPK Djabar Cimahi yang tertuang dalam SK No. 38/I/TK/62.

Susunan pengurus BPK Djabar Cimahi yang pertama adalah Ketua: Lay Djit Siong, Wakil Ketua: Siem Tek Hok, Penulis: Oey Hay San, Bendahara: Yap Bing Tiong, dan Komisaris: Yo Kiat Lin.

Pada awalnya proses belajar mengajar berlangsung di gedung bekas sekolah swasta di Jalan Pabrik Aci Cimahi; terdiri atas lima ruang kelas untuk taman kanak-kanak dan sekolah rendah kelas satu sampai dengan kelas lima. Jumlah siswa awal berdiri 40 anak dengan lima orang guru dan seorang kepala sekolah, Ny Tan Tjiang Bie. Tahun berikutnya, jumlah ruang semakin berkurang seiring dengan dimanfaatkannya ruang sekolah itu oleh pihak lain. Pengurus berusaha bertahan,tapi tidak membuahkan hasil. Apa boleh buat, pada tahun 1964 beberapa ruang di kompleks GKI Jabar Cimahi di Jalan Pecinan pun dimanfaatkan agar proses belajar mengajar tidak terhenti.

Seiring dengan bertambahnya murid, ruang kelas darurat pun didirikan. Jika hujan, bocor. Maka seluruh fasilitas yang ada di GKI Djabar Cimahi, seperti pendopo, pastori, teras dimanfaatkan untuk ruang kelas.

Saat pindah lokasi pada 14 Mei 1964 jumlah siswa mulai dari jenjang TK, SD, dan SMP telah mencapai 270 anak.

SMP dibuka Agustus 1963 dengan jumlah siswa waktu itu enam anak dan kepala sekolah I.M.Sitorus.

Karena ruang belajar yang tidak memadai, pengurus mulai Agustus 1964 membangun gedung sekolah sederhana di kompleks GKI Jabar Cimahi. Setahun kemudian gedung sekolah baru tersebut sudah dapat digunakan.

Andreas adalah nama sekolah-sekolah Kristen yang ada di lingkungan BPK PENABUR Cimahi.

Nama ‘Andreas’ sengaja dipilih untuk mengingatkan jemaat kepada si pemukat ikan yang dipilih Yesus Kristus menjadi salah satu murid-Nya. Diharapkan sekolah-sekolah Kristen Andreas dapat ‘memukat’ manusia untuk menjadi murid Tuhan Yesus.

Penggunaan gedung sekolah di kompleks GKI Jabar, Jalan Pacinan Cimahi terus berlangsung hingga SMP Andreas membangun gedung sekolah tahun 1989 di Jalan Encep Kartawiria No. 75 Cimahi. Keberadaan sekolah-sekolah itu mendapat sambutan baik dari masyarakat Cimahi dan sekitarnya.

Banyak alumni sekolah Andreas yang menjadi anggota jemaat GKI, khususnya GKI Cimahi.

Pada tahun 2002, BPK PENABUR sepakat untuk penyeragaman nama sekolah sehingga nama “Andreas” yang sekarang lebih dikenal dengan BPK PENABUR Cimahi.

http://cimahi.bpkpenabur.or.id/id/2015/10/16/sejarah-bpk-penabur-cimahi/

F. Profil Lulusan

Be Tough

Excel Worldwide

Share with Society

Trust in God

G. Administrasi Sekolah

  1. Melalui Virtual Account Bank Central Asia

Orang tua menghubungi Tata Usaha untuk mendapatkan nomor rekening Virtual Account, dan pembayarannya bisa melalui ATM atau internet banking BCA tanpa membuka rekening baru

  1. Melalui Pendebetan Rekening dengan menggunakan Mesin EDC

Orang tua menghubungi Tata Usaha untuk melakukan transaksi pendebetan rekening dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit BCA.

  1. Melalui transfer ke nomor rekening BCA : 139 60 555 55, atas nama Yayasan BPK PENABUR Cimahi, dan menginformasikan tanda bukti transfer ke TU untuk konfirmasi pembayaran.

  2. Pembayaran seragam dan buku melalui rekening Bank BJB an SMPK BPK PENABUR Cimahi no 0100.6612.25100